Masihkah Remaja Punya Idealisme?

Di ujung gang sempit dan bau, seorang pemuda ceking terkulai lemas. Matanya melotot dan berwarna merah, mulutnya berbusa. Di sampingnya tergeletak botol minuman keras merek terkenal yang isinya sudah ludes diminum. Ia pingsan dan menjadi tontonan banyak orang. Di sudut terminal angkutan kota terjadi keributan Seorang anak dipukuli rame-rame oleh belasan anak lainnya. Dilihat dari penampilannya, mereka adalah pelajar. Sebab, masih melekat seragam sekolah di badannya. Itu artinya mereka masih "bau kencur", tapi level nekatnya udah tinggi. Bagi mereka, kenekatan adalah harga mati untuk dimiliki dalam situasi dan kondisi seperti itu.
Saat liburan kemarin, puluhan bahkan ratusan anak ngadak-ngadak jadi "gembel". Ngakunya sih anak punk. Mereka anti kemapanan, anti formalitas, dan yang jelas mereka ingin punya kebebasan dengan caranya sendiri. Aduh, banyak banget tuh temen remaja yang begitu. Selain itu ada juga kelompok yang masih sodaraan ama punk, yaitu skinheads Aliran yang "berkiblat" ama Nazi ini konon lebih brutal dan rasis (benci ama kelompok tertentu) dibanding punk lainnya. Di negara asalnya, kelompok yang biasa disebut Skinheads Nazi ini emang sangat berbahaya. Pokoknya kalo gerombolan si kepala plontos ini berada di jalanan. Semua orang merasa kudu minggir. Sebab, jangan-jangan bakal disepak kalo nggak mau minggir. Kelompok ini rasis banget. Prinsipnya, selain suku bangsa Arya—nenek moyangnya orang-orang Jerman—harus ditumpas. Iiihh, ngeri banget. Kalo sampai ada di negeri ini, ih, amit-amit deh, meskipun tampang mereka imut-imut.
Beberapa contoh tadi cukup memberikan gambaran kepada kita, bahwa dunia remaja sekarang makin tambah rame. Gimana nggak, sepertinya beragam model gaya hidup seperti gelombang. Datang bersusulan dan menjadi tren anak muda sekarang. Aneh bin ajaib. Sebagian besar teman remaja kena sihir dan tergoda mengamalkannya. Di sekolah, di kampus, di mal, di pasar tradisional, sampe di jalanan, banyak remaja yang bak layar kaca. Korban iklan. Mereka latah ikutan tren yang ia lihat di televisi. Hidupnya nyantai. Malas belajar. Hobinya ngeceng. Napsu belanjanya gede. Dan nggak heran pula bila model remaja sekarang bener-bener bikin ketar-ketir. Yang menonjol adalah aktivitas salah, bukan amal shaleh. Kalo begitu, kita jadi ingin bertanya, masihkah remaja kita punya idealisme?
Wah? Sulit menemukan remaja yang bener-bener idealis. Yang menjadikan dalam hidupnya penuh kreativitas dan produktivitas. Menghasilkan karya yang berguna buat bangsa dan negara. Suer, bener-bener sulit menemukan sosok remaja yang ideal kayak begitu. Anehnya, kini kita malah menemukan sosok remaja yang seneng hura-hura. Nggak mau kerja keras. Belajar susah, dikasih tugas ogah, yang kreatif bisa dihitung dengan jari. Dan yang bikin kelas "hidup" orangnya cuma itu-itu aja. Pantas aja bila yang rame dijejali pengunjung adalah kantin, kafe, diskotik, dan mal. Sementara perpustakaan, masjid, dan mushola sekolah bener-bener sepi. Masjid aja baru akan "laku" kalo pas jumatan aja, atau paling banter sekadar tempat melepas lelah. Aduh, begini amat, ya?
Adanya globalisasi serta revolusi komunikasi dan informasi  yang berlangsung pada paruh kedua abad ini, telah  menjadikan dunia seakan-akan berubah menjadi sebuah dusun kecil yang terpencil.  Akibatnya, hampir-hampir tidak ada satu rumah pun di dunia ini yang tidak dimasuki oleh arus informasi, baik informasi yang dapat dibaca maupun yang bersifat audio visual.  Lebih dari itu, invasi media massa tersebut telah  masuk langsung ke ruang-ruang keluarga, bahkan ke kamar tidur seorang remaja muslim lewat siaran televisi, film, atau melalui media internet.  
Sebagaimana diungkapkan oleh Akbar S. Ahmed (1992), tidak ada ancaman yang lebih gawat terhadap eksistensi masyarakat Islam daripada ancaman serbuan media Barat.  Pada hakekatnya, serbuan media Barat ini jauh lebih berbahaya dari masa kolonial di abad yang lalu.  Bagi kaum muslimin, media Barat mengancam pada titik yang paling dasar dari kehidupan keluarga Muslim.  Acara-acara media massa tersebut senantiasa secara langsung menjadi sarapan bagi anak-anak kita di waktu pagi, sekaligus hiburan mereka di waktu senggang.  Sehingga baik disadari atau pun tidak.  Perkataan mereka, kebiasaan mereka, canda tawa mereka, tidak akan jauh berbeda dengan apa yang mereka dengar, lihat dan saksikan di media  massa, televisi misalnya.  Secara tidak langsung juga, pola hidup dan tingkah laku mereka dibawah bimbingan media massa yang senantiasa menyertai dan melingkupi kehidupan mereka saban hari. Dan tentunya, sosok remaja muslim termasuk salah saru sasaran yang paling empuk sistem paradaban modern tersebut.
Kebebasan pergaulan antara pemuda dan pemudi, seks bebas, di peradaban sekarang sudah menggila.  Semuanya jelas terekam dalam mode busana, iklan –yang lebih pada eksploitasi terhadap wanita--, hiburan, dan sampai ke cara berpikir mereka --yang lebih cenderung didominasi oleh piktor (pikiran kotor).  Aktivitas seks pra nikah sudah mewabah dan menjalar bak virus yang mematikan.  Pola hidup waqi’iyyin (titik tolak perbuatan atas dasar kebanyakan kenyataan yang tengah terjadi), permisiv (serba boleh) dan hedonis (kesenangan dan kenikmatan materi sebagai tujuan utama dalam hidup) melanda kebanyakan remaja kita. 
            Dan akibat kronis dari itu semua, sudah sangat terasa.  Prahara seksual telah menjadi salah satu unsur nestapa peradaban manusia-manusia durjana.  Manusia yang telah terdehumanisasikan, jiwanya semakin mengering akibat menebalnya berbagai pelanggaran terhadap syari’at Islam.   Pelecehan seksual, pacaran (sebelum nikah),  pornografi,  selingkuh, prostitusi, pemerkosaan, dan aborsi, bukan lagi merupakan kasus satu dua.  Tapi sudah menjadi hiasan peradaban abad kiwari.
            Tawuran remaja bukan sekedar kasus satu dua lagi, tetapi sudah merupakan “trend” remaja-remaja SMU maupun SMP.  Bahkan mahasiswa yang kita anggap sudah matang cara berfikir dan bertindaknya, beberapa waktu yang lalu, juga ikut-ikutan tawuran. Sungguh-sungguh sangat memalukan!

Nggak murni salah remaja

Tentu saja mereka tak sepenuhnya bisa disalahkan. Masalah utamanya, mereka terus dirangsang oleh pesan-pesan yang salah dari lingkungan mereka. Pembawa acara stasiun televisi MTV, misalnya, menyapa audiens mereka dengan, ''Hai, Anak Nongkrong!'' Nongkrong tentu saja adalah kegiatan tidak produktif dan tidak mendorong orang untuk kreatif, tapi gaya itulah yang justru dilekatkan pada kaum muda. Banyak majalah atau program televisi dan radio yang ditujukan pada remaja juga mendorong kaum harapan bangsa itu untuk memprioritaskan rekreasi.
Nah, karena dirangsang untuk tidak produktif itulah, maka akhirnya remaja menjadi malas untuk berkreasi. Boro-boro kreatif dan produktif, generasi harapan bangsa ini malah menjadi plagiator ulung. Tak punya idealisme. Padahal idealisme itu ibarat darah yang senantiasa mengalir dalam tubuh kita. Bicara idealisme, adalah bicara tentang hidup dan mati, tentang harga diri, tentang sikap, dan tentang tujuan dan target kita dalam hidup ini. Bayangin aja, bila orang sama sekali nggak punya idealisme, hidupnya nggak karuan. Ibarat orang bepergian tapi nggak tahu harus pergi ke mana. Pokoknya di mana banyak orang turun dari kendaraan, ia akan ikutan turun. Nggak peduli itu di mana dan akan ngapain. Jadi, boro-boro bisa menentukan cara-cara untuk mewujudkannya, lha wong dia sendiri nggak tahu harus ke mana. Idih, kasihan banget ya? Itulah sebabnya, kita kudu punya idealisme. Terlepas dari benar atau salah. Idealisme itu perlu ada dalam diri kita. Tentu yang lebih afdhol adalah idealisme yang bener dan baik dong. Apalagi kalo bukan Islam. Iya nggak?
Menurut A.P.E. Konver dalam bukunya, Sarekat Islam: Gerakan Ratu Adil?, banyak rakyat kecil yang begitu memuja Haji Oemar Said Tjokroaminoto karena perjuangannya membebaskan mereka dari penderitaan berabad-abad. Sebegitu kagumnya rakyat pada tokoh Sarekat Islam ini, sampai-sampai mereka rela berdesakan hanya sekadar ingin bertemu dan menatap wajahnya. Tokoh kharismatik ini dianggap sebagai Ratu Adil alias "penyelamat" dalam mitos budaya Jawa. Tjokroaminoto atau Oemar Said, adalah putra seorang ulama asal Ponorogo, sewaktu masih mudanya tidak jauh berbeda dengan anak-anak yang lain. Meski ningrat, tapi suka bergaul dengan anak-anak kampung. Selain bengal dan suka berkelahi terutama dengan sinyo-sinyo Belanda. Oemar Said juga dikenal memiliki semangat juang yang tinggi. Ia misalnya, dalam usia dua puluh tahun menyelesaikan kuliahnya di OSVIA—sekolah gubernemen yang menyiapkan murid-muridnya untuk menjadi pamong praja. Waktu berjalan terus, dan akhirnya ia pun memimpin rakyat untuk menggelorakan perjuangan melawan Belanda. Cukup pantas memang memiliki idealisme seperti beliau.
Pertanyaannya sekarang, masih adakah remaja yang punya idealisme? Ih, amit-amit deh kalo ada remaja yang nggak punya idealisme. Pasti deh hidupnya nggak jelas juntrungannya. Kemana angin berhembus, ke sanalah ia akan terbang. Persis seperti kapas yang diterbangkan angin ke sana kemari. Remaja yang nggak punya idealisme sama artinya dengan remaja yang nggak punya pegangan hidup. Selanjutnya, jelas ia nggak memiliki tujuan, apalagi target dalam hidupnya. Yang penting bisa hidup hari ini, kehidupan besok gimana nanti aja. Aduh, jangan sampe kamu berpikiran sumpek seperti itu. Hati-hati ya! Bener, jangan sampe begitu.

Perlu idealisme
Kamu tahu nama perusahaan Honda kan? Nah, ini ada cerita menarik tentang kerajaan bisnis otomotif ini. Dulu, ada seorang bocah Jepang bernama Honda. Waktu kecilnya, seperti bocah ingusan lainnya, senang main. Suatu ketika, ia diajak berenang oleh temannya. Namun ia menolak ketika diminta nyebur ke kolam. Setelah diledekin, akhirnya doi mau. Padahal, ia nggak bisa berenang sama sekali. Tapi dengan keberanian dan tekad yang kuat, akhirnya ia bisa terjun ke kolam dan akhirnya bisa berenang. Konon kabarnya, pengalaman ini menjadi sangat berarti bagi hidupnya. Bahwa segala sesuatu itu akan kita ketahui dan rasakan setelah kita mencoba terjun ke dalamnya. Bukan sekadar teori, tapi terjun langsung. Sampai akhirnya, cita-cita mendirikan usaha otomotif pun bisa diraihnya. Sebab itu merupakan bagian dari idealismenya. Pendek kata, idealisme itu ibarat "nyawa" dalam kehidupan kita. Bisa kamu bayangkan sendiri, bahwa ketika kita nggak punya tujuan yang hendak dicapai, rasanya garing banget hidup ini. Beda dengan orang yang punya idealisme. Ia akan termotivasi untuk mewujudkan impiannya. Dan itu berarti sebuah perjuangan.Rintangan seberat apapun akan dianggap sebagai sebuah tantangan yang kudu ditaklukkan.
Kalo kamu nggak punya idealisme, tentu buat apa sekolah tinggi-tinggi, setelah lulus mau ngapain, mau berkeluarga apa nggak, anak kamu nanti diarahkan kemana. Bayangin, pertanyaan seabreg-abreg ini mau dijawab gimana kalo nggak punya idealisme. Dengan memiliki idealisme, tujuan hidup kita jadi terarah, memiliki target yang jelas, dan pasti punya strategi dalam mewujudkan segala  kehendak kita. Dan jangan mau kita cuma jadi anak "polos". Imam asy-Syafii mengatakan bahwa: "Sesungguhnya kehidupan pemuda itu, demi Allah hanya dengan ilmu dan takwa (memiliki ilmu dan bertakwa), karena apabila yang dua hal itu tidak ada, tidak dianggap hadir (dalam kehidupan) . Sabda Rasulullah saw: "Apabila Allah menginginkan kebaikan bagi seseorang maka dia diberi pendalaman dalam ilmu agama. Sesungguhnya memperoleh ilmu hanya dengan belajar." (HR. Bukhari).
Sosok remaja adalah salah satu kelompok masyarakat idaman umat.  Karena potensi remaja yang cukup besar, tidak heran jika kontribusi dan peran mereka sangat diharapkan dan didambakan oleh kebanyakan masyarakat.  Terlebih seorang remaja muslim,  mereka merupakan sosok generasi harapan umat, agar Islam jaya di hadapan peradaban lain, serta kaum muslimin nyata-nyata menjadi umat yang terbaik; beriman kepada Allah, menyeru kepada yang ma’ruf sekaligus mencegah segala bentuk dan ragam kemungkaran yang ada.
Remaja muslim-lah yang akan menjadi penentu nasib kaum muslimin dan sistem kehidupan Islam ini kelak.  Sehingga tidak terlalu berlebihan jika kita katakan bahwa  sosok remaja muslim  adalah, suatu potensi besar penentu tegak dan eksisnya peradaban Islam, sekarang dan akan datang.  Menyongsong abad 21 yang penuh dengan kompetisi, remaja Islam sangat ditantang perannya dalam konteks global.
            Karenanya, tidak heran jika sering berbagai pihak “berebut” memanfaatkan remaja yang sarat dengan potensi tersebut.  Oleh sebab itu, permasalahannya kemudian adalah, ke mana arah potensi besar itu akan tersalurkan?  Potensi yang besar remaja sesungguhnya tidak otomatis akan dapat memberikan kontribusi yang baik dan benar untuk suatu situs kehidupan.  Potensi besar remaja juga tidak menutup kemungkinan akan mengarah pada hal-hal yang negatif dan pengrusakan sistem kehidupan. 

Kudu dibina dari sekarang

Benar, kita kudu mempertahankan idealisme yang kita miliki. Nggak boleh luntur dan pudar. Ibarat batu karang di laut. Sekeras apapun terjangan gelombang, batu karang tetap tegar menantang. Tak gentar menghadapi berbagai godaan. Emang, kalo kita mencoba inisiatif bikin pengajian, bersikap kritis terhadap kondisi lingkungan kita, selalu aja jadi sasaran empuk cemoohan. Baru aktif di mesjid aja udah banyak mulut-mulut usil. Baru sehari pakai jilbab ke sekolah, udah banyak yang ngerecokin. Dibilangan "sok alim lah", disebut "bau surga lah". Prinsipnya, banyak halangan menuju idealis. Tapi nggak usah bingung bin stres. Kondisi ini nggak akan berlangsung lama. Mereka bakal pegel sendiri. Kuat-kuatan aja. Apalagi kita ada di jalan yang bener. Idealisme yang kita miliki bukanlah kacangan atawa yang nggak bener. Kita kudu bangga punya idealisme Islam. Bener, kudu bangga banget, kawan. Sebab kita berjuang untuk Islam. Dan inilah idealisme yang emang sulit dikalahkan. Firman Allah Swt.:
"Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): "Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu". (TQS. Fushilat  30)
Well, meski demikian, idealisme nggak muncul secara otomatis dalam diri kita. Namun butuh proses. Butuh upaya untuk membentuknya. Itu sebabnya, diperlukan kekritisan dalam bersikap, mampu menangkap realitas kehidupan yang ada, menyikapinya dan memberikan solusi. Ghirah (semangat) Islam kita pun perlu ditumbuhkan. Selain itu, akrab dengan pemikiran-pemikiran Islam melalui berbagai kajian, dan mampu menerjemahkannya untuk menyelesaikan berbagai problem kehidupan. So, idealisme itu bukan impian, tapi sebuah kenyataan yang bisa diwujudkan.


Kepribadian Remaja Muslim Menyongsong Abad 21
            Kondisi remaja yang mengenaskan demikian tentu tidak menjadikan kita patah semangat untuk memperbaiki keadaan remaja sekarang, apalagi berpaling dari tanggung jawab.  Sungguh ini suatu kemaksiatan yang sangat besar.  Islam sangat membenci perilaku tidak peduli kadaan sekitar.  Rasulullah saw. bersabda:
“Barang siapa yang bangun pagi hari, ia hanya memperhatikan masalah dunianya, maka orang tersebut tidak berguna apa-apa di sisi Allah; dan barang siapa yang  tidak pernah memperhatikan  urusan kaum muslimin yang lain,  maka mereka  tidak termasuk golonganku” (HR Thabrani dari Abu Dzar Al Ghifari).
            Sebagai seorang muslim, memperbaiki keadaan masyarakat yang rusak merupakan suatu kewajiban, yang kalau dilalaikan, bukan saja akan mengacaukan tantan kedidupan masyarakat di dunia.  Tetapi jika hal tersebut dilalaikan, akan mendapat adzab yang pedih dari Allah kelak di akhirat.  Remaja ideal yang senantiasa didambakan dan dirindukan umat ini harus terus diupayakan oleh berbagai pihak dengan segenap kemampuan yang dimiliki. 
            Memperbaiki keadaan remaja muslim sesungguhnya tidak ada bedanya dengan memperbaiki kelompok manusia lainnya yang ada di masyarakat.  Karena fakta yang terjadi sesungguhnya tidak ada bedanya, yakni di suatu masyarakat tersebut terjadi suatu kemungkaran –yang dilakukan remaja— yang wajib dicegah. 
            Dan tiada jalan lain untuk memperbaiki keadaan yang rusak tersebut kecuali dengan melakukan perubahan pemikiran yang ada pada generasi muslim khususnya, dan  masyarakat di suatu wilayah tersebut secara umum.  Karena sentra permasalalahannya sesungguhnya terletak pada pemikiran mereka yang dihinggapi oleh pemikiran-pemikiran Barat yang sangat bertentangan secara diametral dengan pemikiran Islam.  Benak remaja muslim kita sudah banyak dirasuki dan dirusak oleh pemikiran kebebasan dari Barat. Pemikiran Barat tersebut harus kita porak poranda dan menggantikannya dengan pemikiran-pemikiran Islam.  Dalam konteks perubahan pemikiran ini Allah SWT berfirman (yang artinya):
“Sesungguhnya Allah tidak akan berubah kadaan suatu kaum kalau mereka tidak merubah keadaan mereka sendiri” (TQS. Ar Ra’d 11)
            Perubahan pemikiran inilah yang nantinya menjadi landasan pemahaman dia yang akan mendorong seorang remaja muslim dalam bertingkah laku.  Pemikiran Islam mengharuskan setiap generasi muslim menjadikan Allah dan Rasul-Nya sebagai satu-satunya rujukan dalam berfikir dan menilai semua kejadian dan permasalahan yang ada.  Allah SWT berfirman (yang artinya):
“Dan apa-apa yang berasal dari Rasul, maka ambillah, dan apa-apa yang yang dilarangnya maka jauhilah” (TQS Al Hasyr 7).
            Tidak cukup di situ, Islam juga mewajibkan kepada setiap ummatnya  --termasuk remaja muslim—untuk menjadikan hawa nafsunya, segala kecenderungannya serta tingkah polanya selaras dengan tuntunan Nabi Muhammad saw.  Tidak akan sempurna keimaman seorang muslim jika hawa nafsunya tidak mengikuti apa-apa yang dibawa Rasulullah saw.  Dari Abi Muhammad ‘Abdillah bin ‘Amr bin Al ‘Ash telah berkata bahwa Rasulullah saw. telah bersabda:
“Tidak sempurna keimanan seorang muslim sehingga  hawa nafsunya mengikuti terhadap apa-apa yang dibawa aku bawa.”
            Ringkasnya, remaja ideal yang dikehendaki Islam dan senantiasa dirindukan oleh kaum muslimin adalah remaja yang cara berfikir dan bertingkah laku sesuai dengan ajaran-ajaran Islam, artinya sosok remaja muslim yang memiliki kepribadian yang Islamiy (syakhshiyyah Islamiyyah). 
            Seorang yang memiliki syakhshiyyah Islamiyyah akan peka terhadap nasib dan kondisi kaum muslimin.  Kebahagiaan seorang remaja muslim yang berkepribadian Islamiy tiada lain kecuali dalam segala detak jantungnya, ayunan langkahnya senantiasa mengharapt ridha Allah SWT semata.  Seorang remaja ideal menurut pandangan Islam akan senantiasa bahagia melaksanakan kebaikan dan sangat benci dengan beragam kemungkaran yang ada. 
Sungguh figur para shahabat Rasulullah adalah model paling ideal untuk kita jadikan idola sebagai remaja yang senantiasa didambakan ummat.  Tidak ada alasan sedikitpun bagi kita untuk menunda mewujudkan ramaja-ramaja yang demikian.  Karena, hanya dengan remaja tipe inilah yang akan sukses menguasai era globalisasi yang semakin dahsyat gaung peradabannya.  Kalau tidak, remaja kita akan tetap terlarut dan terpuruk serta akan menjadi sampah korban globalisasi yang semakin mengenaskan dan mengerikan. [] (lbr)

0 komentar

Leave a Reply

Hak Cipta Hanya Milik Allah lukyrouf.blogspot.com Dianjurkan untuk disebarkan Designed by lukyRouf